Oleh: fatkhurrohim | Februari 19, 2008

Kerajinan Clay

Bisnis dari Merangkai Clay dan Paper Craft

Clay dan paper craft adalah kerajinan tangan murni, yang mana kreativitas dan ketelatenan merupakan syarat penting untuk menekuninya. Untuk belajar kerajinan ini tidak musti bagi mereka yang sudah dewasa, dan pelajar pun berhak atasnya. Felina sang owner Princess Creative House (PCH), adalah perajin pertama yang membawa clay dan paper craft ke ranah kerajinan Indonesia.

Clay dan paper craft sebenarnya kerajinan yang berasal dari negara luar, seperti dari negara Jepang, Thailand, Korea. Bentuk kerajinan ini sangat unik dan lucu, serta berfungsi sebagai home decoration kamar tidur atau ruang tamu. Melihat hasil produknya yang bagus, banyak para konsumennya ingin belajar secara langsung di PCH.

Melihat animo para pelanggannya ini, akhirnya Felina memutuskan untuk mendirikan lembaga kursus yang dikelola secara profesional dan ditangani oleh tujuh tenaga ahli dibidang clay dan paper craft. PCH memberikan kelas kursus sendiri baik clay maupun paper craft, dengan paket biaya yang murah.

Kursus Clay

Dengan tujuh tenaga ahli yang dimiliki PCH, mereka akan menjadi partner peserta didik dalam merangkai dan membuat clay komersil dan hoby. Menurut Felina, kursus clay paling lama dapat ditempuh dalam waktu 10 jam. Oleh karenanya kursus clay ini, disebut pula paket per 10 jam. Dalam tiap satu jamnya, peserta kursus dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000.

Masih menurut Felina, 10 jam ini, tidak harus diselesaikan dalam waktu satu hari. Peserta kursus oleh PCH diberikan keleluasaan untuk mengatur jadwal sendiri. Biasanya, 10 jam oleh peserta didik dapat dihabiskan paling lama 1 bulan. Hal ini mengingat kesibukan yang dimiliki oleh para peserta kursus, yang datang dari berbagai kalangan, mulai dari karyawan kantor, pelajar, ibu rumah tangga.

Dijelaskan oleh Felina, bahwa biaya sebesar Rp. 25.000 digunakan untuk biaya teknik pelatihan, tidak termasuk dengan bahan bakunya. Untuk bahan baku, para peserta didik dapat membeli di PCH dengan varian harga antara Rp. 20.000-30.000.

Kusrsus Paper Craft

Kusrsus paper craft dibedakan atas dua hal, yaitu De Coupage (baca: de kopas) dan paper tole. De Coupage adalah istilah bahasa dari Prancis yang artinya menggunting gambar. Jadi De Coupage adalah seni kerajinan menggunting gambar, untuk kemudian dirangkai menjadi gambar dengan objek dua dimensi.

Kemudian paper craft yang kedua yaitu Paper Tole. Istilah bahasa ini berasal dari Belanda, yang berarti memotong gambar. Dan paper tole, hadir untuk menyempurnakan generasi paper craft pertama, de coupage. Jika de coupage menghasilkan gambar 2 dimensi, maka paper tole menghasilkan gambar 3 dimensi.

Untuk menguasai teknik tersebut, PCH menentukan dua paket yang berbeda dan telah disesuaikan dengan pilihan perserta kursus. Paket pertama, adalah paket dengan harga Rp. 300.000. Biaya ini, diakui oleh Felina sebagai ongkos pengganti bahan baku yang akan dijadikan latihan. Sementara untuk tenaga teknik, pada paket ini diberikan secara gratis.

Kemudian yang kedua, paket Rp. 100.000. Paket ini lebih murah, karena segala bahan baku musti disiapkan oleh peserta didik. “Bagi yang ingin praktis, kertas untuk paper craft, PCH pun menyediakannya. Harga mulai Rp. 15.000-250.000.,” tambah, Felina.

PCH, semakin memiliki nilai plus, karena setiap peserta kursus akan diberikan bonus tambahan waktu selama 2 jam. Oleh peserta, biasanya dimanfa’atkan untuk memperdalam materi. Dan kini, peserta kursus dari Batam, Riau, Palembang, Lampung, Semarang, Surabaya, Bontang dan Samarinda, banyak yang sukses mengikuti jejaknya, berbisnis kerajinan clay dan paper craft.


Responses

  1. Kok gak ada fotonya? Kan sayang liputannya bagus…
    Bisa pasang iklan di blog mu enggak?

  2. wah, infonya okeh sekali, btw, itu tempatnya dimana ya?
    Tempatnya: Golden Truly Lt. 4, Jalan. Raya Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

  3. bisa tau nomer kontaknya juga ga?


Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: