Oleh: fatkhurrohim | Januari 5, 2008

WISATA KERAJINAN DI JAKARTA

produk-unggulan-kerajinan_2.jpg

Berwisata di pusat ibu kota selalu banyak cerita yang didapat. Mungkin Anda terbiasa mendengar tempat obyek wisata seperti Ancol, Taman Mini dan Monas. Tidak ada salahnya, bila Kami referensikan Anda ke salah satu wahana wisata baru di tengah pusat kota Jakarta, seperti UKM-Center. Lokasinya terletak di Waduk Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Untuk beberapa tahun kedepan, venue ini akan menjadi lokasi wisata kerajinan dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi ikon wisata kerajinan Indonesia.

Secara tempat, venue UKM-Center, sangat berbeda dengan wisata kerajinan yang ada di Pasar seni Gabusan atau Kasongan di Yogyakarta, sebelum ada gempa bumi. Kalau di UKM-Center, tempat wadah perniagaan para perajin dari seluruh Indonesia. Kemudian bangunannya mengacu pada konsep mall, ini sangat berbeda dengan pasar seni gabusan dan kasongan yang cenderung terbuka.

Perajin yang berniaga di dalamnya, adalah perajin berskala kecil dan menengah. Meski demikian, produk mereka langganan ekspor untuk pangsa pasar luar negeri. Para perajin tersebut menempati tiga lantai, yakni lantai dasar, satu dan dua, yang dibedakan atas jenis produk kerajinannya. Satu lantai lagi dari bangunan UKM-Center digunakan untuk aktivitas meeting, training room dan pelatihan bagi pengembangan pengrajin UKM.

Display untuk produk pun sangat kreatif dan mempermudah para wisatawan untuk mencari produk kerajinan berdasarkan bahan bakunya. Setidaknya ada tiga jenis display yang dibedakan digedung milik Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta ini.

Pertama, display permanen. Display ini dibangun secara permanen lengkap dengan roling doornya. Kedua, display antik. Dikatakan antik, karena bentuknya seperti lemari baju, dan sangat multi fungsi untuk mendisplay suatu produk kerajinan. Pada display ini, sangat cocok untuk produk kerajinan aksesoris kebutuhan wanita seperti kalung, giwang, gelang dengan bahan baku mutiara, atau batu alam. Display yang terakhir adalah display kecil. Display ini sangat padu, jika digunakan untuk mendisplay beberapa produk kerajinan dengan ukuran kecil. Seperti bunga kering, kayu batik, sepatu kulit, kerajinan kerang, dan lain-lain.

Ikon Baru Wisata Kerajinan di Jakarta

Lokasi UKM-Center ini secara geografis sangat mudah ditemukan baik dengan menggunakan bus pariwisata, mobil pribadi bahkan dengan kendaraan bermotor sekalipun. Jika anda pengunjung dari luar Jakarta, kemudian paham dengan Bunderan dulu Hotel Indonesia (HI) dan pasar teksil Tanah Abang, maka anda hanya memerlukan waktu 30 menit dari Bundaran HI dan 15 menit dari Pasar Tanah Abang.

Sedikit kendala, mungkin akan dirasakan oleh para wisatawan, yakni kemacetan. Karena kawasan sepanjang Tanah Abang menuju Kuningan adalah kawasan macet kendaraan. Tapi emosi itu akan hilang dengan sendirinya, apabila Anda telah memasuki areal ini dan menaiki anak tangga yang ada di UKM-Center. Pasalnya, dari tiap tangga gedung UKM-Center, penglihatan Anda akan mendapati sarana belanja kerajinan yang begitu beraneka ragam, produk yang berkualitas, dan ringan secara harga.

UKM-Center yang semi mall ini terbagi atas lantai Basement, produk-unggulan-kerajinan_6.jpgDasar, 1, 2, 3 dan 3a. Lantai basement berisikan produk jajanan ringan ciri khas masing-masing daerah di Indoneia, dan produk obat-obatan berkategori herbal. Di lantai basement ini, para wisatawan dapat menikmati jajanan seperti renyahnya krupuk babat dan tenggiri khas Cilacap, dodol mubarok dari Kudus, kue Betawi, hingga minuman ringan ciri khas UKM-Center yang bernama Beer Pletok dari Medan. Jadi wisatawan pun tidak perlu repot-repot untuk membeli makanan khas daerah, dengan datang langsung ke sentranya.

Dari lantai basement, kita naik menuju lantai dasar. Di lantai ini, oleh pihak pengelola yakni Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta diperuntukan untuk produk garmen dan textile craft. Jadi wisatawan yang sudah berada di dasar ini sudah secara langsung akan dipandu oleh beberapa produk garmen dan texcraft unggulan dari berbagai daerah.

Produk Bordir yang terkenal seperti dari Tasik, Padang dan Kudus cukup tersedia dengan berbagai varian jenis. Bagi peminat batik, songket, atau pun ulos, cukup tersaji disini. Tidak kalah mau ketinggalan dengan produk tekstile sejenis, seni kerajinan kain perca (quilt) pun terdisplay indah dengan varian corak, motif dan disain berdasarkan selera usia konsumennya.

Setelah puas dengan produk garmen dan texcraftnya, langkahkan kembali kaki Anda menuju lantai dua. Di lantai ini, pusatnya produk kerajinan dari segala jenis bahan baku, jenis produk seperti, gift item, house ware, home interior, aksesoris hingga kidstoys, bisa menjadi deretan daftar pembelian selama anda berwisata di venue ini. Tidak mengherankan, jika lokasi paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan, untuk mencari souvenir khas daerah, tapi tanpa harus pergi ke daerah tersebut.gedung-ukm-center_1.jpg

Produk kerajinan home aplikatif seperti basket dari bahan baku kulit dan serat alam pun turut menjadi pilihan belanja para wisatawan. Kemudian home interior seperti table lamp, pernak-pernik cantik penghias ruang tamu dari bahan baku keramik, kayu dan rotan mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan. Lelah dan puas setelah belanja produk kerajinan, campur aduk jadi satu. Berhentilah sejenak, untuk mengumpulkan energi kembali energi yang sempat terbuang. Setelah tenaga terkumpul kembali, coba untuk menapak lagi ke lantai tiga. Karena di lantai ini, indera pinciuman Anda akan langsung bereaksi mencium aroma kuliner tradisional, dari berbagai daerah yang higienis dan menggugah selera indera pengecap.Aneka menu makanan seperti soto betawi, semur jengkol, sambel teri, steak, nasi uduk, opor ayam, dan varian minuman juice, akan membuat anda kembali segar dari rasa letih selama berwisata di venue UKM-Center. Sembari menikmati kelezatan masakan yang di pesan, Anda akan diiringi oleh alunan musik dari band lokal Jakarta.

Sehari mengunjungi UKM-Center, terasa belum cukup. Namun kesan dan cerita yang didapat begitu banyak. Mulai dari melihat beberapa produk kerajinan yang unik, mencicipi berbagai kuliner tradisional, dan yang terpenting keranjang belanjaan telah penuh dengan produk kerajinan berkualitas dengan harga produsen.

Kalau sudah begini ceritanya, kenapa tidak mulai dari sekarang, memasukan UKM-Center dalam daftar urut wisata Anda. Daftar wisata belanja kerajinan, kuliner, yang smart dan higienis. Selamat berwisata di UKM-Center. (fatkhurrohim)


Responses

  1. bisa minta alamat lengkapnya nggak mas ? atau kalau ada denah arah kesana, terima kasih !!

    untuk alamat lengkap Venue Wisata kerajinan itu, lokasinya ada du Jl. Kh. Mas. Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Denah lokasi venue tersebut; Jika anda dari arah mega kuningan, anda ambil arah ke pasar tanah abang. Sebelum mencapai pasar tanah abang, di kanan jalan ada arah putaran. Anda amnil arah putaran tersebut, kemudian dari arah putaran itu, anda jalan lurus terus. Letak, Venue wisata ini, samping persis Jakarta City Center (JacCC).

    terima kasih. Semoga bernafaat.

    (Redaksi)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: