Oleh: fatkhurrohim | April 12, 2008

Exhebition: Manufacturing Indonesia Series 2007

Pameran Mesin Produksi Paling Komprehensif

s4010015.jpgPAMERINDO Buana Abadi Trade Event kembali menggelar pameran mesin produksi yang terklasifikasi dalam tiga sektor, yakni Manufacturing, Propak serta Plastics and Rubber. Masing-masing sektor menampilkan mesin produksi berteknologi baru yang tersegmentasi lagi secara detail di bidang mesin produksi. Manufacturing, misalnya, menampilkan lima bidang klasifikasi mesin produksi, mulai dari machine tools, vehicle manufacturing and automotive technology, environment technology, materials handling dan automation technology.

Kemudian, untuk sektor Propak, Pamerindo mengangkat tiga sub-bagian pameran mesin produksi seperti foodpropak, pharmapropak, dan printing. Sedangkan di sektor Plastics and Rubber, Pamerindo mensinergikan tiga unsur proses produksi yang berlangsung di balik suatu kemasan, yakni propak, printing serta plastics and rubber.

Event dengan tajuk Manufacturing Indonesia Series 2007 ini merupakan event khusus di bidang mesin produksi yang bersifat Business to Business. Mempergunakan seluruh Hall yang ada di Jakarta International Expo, event ini berlangsung mulai tanggal 5 sampai 8 Desember 2007. Selain peserta lokal, Manufacturing Indonesia Series kali ini diikuti oleh 35 negara asing. Di antaranya Australia, Austria, Belgia, Kanada, China, Republik Ceko, Denmark, dll. Di Hall D, para peserta asing ini tampak memamerkan produk-produk teranyar mereka.

Untuk peserta lokal, PT Langgeng Mulia yang bergerak dalam bidang alat pembakaran industri (industrial burners) sudah dua kali mengikuti pameran ini. Andreas (30) selaku manager promosi menuturkan bahwa dalam pameran ini perusahaannya hanya ingin benar-benar berpromosi. Soal penjualan, PT Langgeng Mulia tidak menargetkannya. Ketika ditanya soal transaksi, “Saya tak berani berspekulasi, karena pameran baru berjalan dua hari,” tutur Andreas.

Perusahaan peserta lainnya adalah Krisbow, penyedia tool kit yang cukup dikenal namanya. Krisbow sudah tiga kali mengikuti pameran. Menempati area di Hall D, perusahaan ini ramai disambangi pengunjung. Krisbow terlihat aktif melakukan ekspansi pasar. “Dalam pameran ini Krisbow mempunyai misi meningkatkan brand building,” tutur Dwi Ananto, Product Manager Krisbow. Menurutnya, Krisbow sudah cukup dikenal masyarakat luas. Jadi brand-nya saja yang perlu dinaikkan pamornya. Ditanya soal penjualan, “Saya melakukan penjualan nanti di akhir pameran ini. Kalau saya lakukan sekarang, saya takut nanti tidak ada barang,” imbuhnya.

Di masa krisis, industri manufaktur Indonesia mengalami pertumbuhan 28 persen, dengan tingkat pertumbuhan 5,6 persen di tahun 2006. Diprediksikan, angka ini akan meningkat lagi sebesar 8,3 persen hingga tahun 2009. Manufacturing Indonesia Series 2007 yang diikuti oleh 1.254 exhibitor ini selama tiga tahun terakhir menunjukan peningkatan sebesar 40 persen.

Seperti tahun-tahun yang lalu, pameran Manufacturing kali ini juga menggelar beberapa seminar tentang industri terkait. Di antaranya adalah seminar sehari dari Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) tentang “Kemanan Kemasan Pangan”, tanggal 6 Dessember, di Lantai 6 Gedung Pusat Niaga, JIExpo. Kemudian, Gabungan Industri Aneka Tenun Plastik Indonesia (GIATPI) pun mengadakan seminar dengan tema “Era Kenaikan Harga Minyak Bumi dan Dampak Pemanasan Global pada Industri Manufaktur Indonesia Termasuk ATPI”.

Sampai hari ke-3, Manufacturing Indonesia Series 2007 sudah dikunjungi lebih dari 30.000 visitor. Ini berarti sudah melebihi target yang oleh Pamerindo dipatok sebesar 26.096 pengunjung. [] FATKHURROHIM


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: