Oleh: fatkhurrohim | April 12, 2008

Mencipta Batik Dengan Teknologi Digital Printing

Kemajuan dan perkembangan teknologi digital printing telah merambah ruang batas yang dulunya dianggap nisbi. Saat ini, Digital Printing (DP) masih familiar dengan ruang advertising dan fotografi. Alih punya alih, DP dapat mencetak sebuah motif batik di atas kanvas sutera atau textil dengan bahan baku serat alam. Hasilnya cetakan DP pun, sangat kompetitif laiknya batik tulis maupun cap yang handmade. Baik dari segi detail warna maupun garis motif yang selalu ditonjolkan para pembatik.

batik-digital_71Digital printing bermotif batik dengan bahan baku textil ini, baru pertama kali yang ada di Indonesia dan dikenalkan oleh Sugiharto, pemilik rumah desain IDEKU. Dibanding dengan negara lain, terutama Asia, Thailand, lebih awal dari pada Indonesia dalam hal mengadopsi teknologi ini. “Saya yakin, mungkin di Indonesia saat ini, IDEKU yang pertama mengadopsi teknik DP ini. Dan saya pun, baru berani mempublish karya ini, dengan memperhitungkan segi kualitas produk dari hasil cetakan yang saya dapat,” ungkap Sugiharto.

Kemampuan DP terbilang mampu menembus garis pakem ukuran panjang cetakan batik konvensional di pasaran. Ukuran panjang batik konvensional adalah 2,4 meter, dalam satu desain. Sedangkan DP mampu mencetak batik sepanjang 4 meter, bahkan lebih dalam satu desain.

Printing Without Elimination

Pada sisi lain, DP memberikan kemungkinan seseorang untuk menjadi desainer busana. Pasalnya, para desainer untuk menciptakan sebuah busana yang eksklusif bermula dari sini. Para desainer menciptakan motif sendiri dan mencetaknya dengan DP. Sehingga kesan eksklusif tercipta disini. Sebab motif batik yang diciptakannya tidak ditemukan pada motif batik konvensional yang ada dipasaran.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh DP ini adalah, setiap seseorang bisa menjadi pembatik secara instan. Sebab orang tersebut dapat memangkas beberapa tahapan proses membatik, seperti cara menggunakan canting, malam, dan proses pewarnaan. Semua proses itu, dapat dikerjakan secara langsung oleh teknologi komputer dan mesin printing yang digunakannya.

Lebih jauh lagi, setiap individu bisa berimajinasi dalam menorehkan ide-ide kreatifnya, seperti memberikan warna, dan karakter corak motif itu sendiri. Pendek kata, teknologi DP mampu mensinergikan antara desain busana dengan desain tekstil.

Proses Cetak

Proses cetak DP printing pada motif batik ini, sama halnya dengan kinerja printer, semua menggunakan tinta. Hanya yang membedakan, mesin cetak yang dipakai dalam ukuran besar seperti mesin cetak untuk media advertising outdoor. Digital printing pun menerapkan teknik chemical textile seperti yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dibidang textil.

Teknik chemical textile ini, menguraikan proses kinerja semprotan tinta yang dikeluarkan oleh mesin cetak tersebut. Semakin rapat dan halus tinta yang dikeluarkan oleh mesin, maka semakin halus hasil cetak dan pewarnaannya. Oleh karena itu, disini dituntut pengetahuan tentang pengetahuan dot per inch (DPI). Semakin tinggi DPI yang digunakan, maka kualitas suatu motif batik akan lebih baik. Konsekuensi yang harus diterima adalah tinta yang terpakai semakin banyak.

Untuk menghasilkan sebuah motif batik seperti kualitas batik tulis di atas kanvas sutera, Sugiharto menyarankan agar DPI yang dipakai antara 720×720. Dengan DPI tersebut, hasil proses printing untuk motif batik dengan bahan baku sutera atau serat alam tidak akan luntur. Terbukti dalam tes laboratorium, DP ini mampu bertahan dalam menjaga warna aslinya dan tidak luntur meski beberapa puluh kali di cuci. (Fatkhurrohim)


Responses

  1. halo mas fatkhur..sya tertarik dengan berita anda mengenai digital printing motif batik yang dibuat oleh pak sugiharto. untuk itu dengan hormat saya mohon informasi mengenai tempat pembuatan digital printing motif batik tsb ada di kota mana (alamat lengkap pak sugiharto dan contac personnya). atas bantuan mas fakhtur sya ucapkan terimakasih. bisa hub saya via japri di email : annisajustisia@yahoo.com atau hp : 081904170868

  2. Terima kasih untuk Bu silvi Junaidi. Untuk Alamat Kerajinan kristik, Anda dapat mengunjungi Mal UKM lanatai dasar, yang terletak di jl. KH. Mas Mansyur Raya, tepatnya mal ini berada di kawasan wisata belanja pertekstilan tanah abang, Jakarta Pusat. Lebih tepat lagi berada persis di samping pusat perbelanjaan Jakarta City Center (Jacc).

    Di kerajinan kristik ini Ibu bisa langsung bertemu dengan Bu Rustilina sinaga. Anda disana bisa share bareng mengenai kerajinan kristik, bisa belajar atau kursus tentang kristik.

    Kalau Batik Digital, bpk. Sugiharto dulu memiliki butik di pusat perbelanjaan Kelapa Gading I, Jakarta Utara. Letaknya berada di jl. perintis kemerdekaan raya. Kalau untuk nomer konteksnya, terus terang saya kehilangan kartu nama beliau saat pindahan kontrakan.

    Semoga info ini bisa memberikan sedikit penjelasan yang Anda butuhkan. Mohon maaf bila kurang sempurna untuk memberikan infonya.

    Hormat Saya

    Fatkhurrohim

  3. mas, fatkhur.., saya tertarik sama info ttg batik printing itu.., apa sekarang butik pak sugiharto masih ada di kelapa gading??

    trus.., gimana nomer kontaknya??
    uda nemu belom??
    hehee..

    mohon bantuan infonya secepatnya yaa..

    bisa hub via email: surabi_pyimut@yahoo.com ato hp:08998053895

    trims

    Terima kasih Bu, atas masukannya. Saya memang belum ngecek secara langsung keberadaannya Batik digital yang di kelapa gading, berikut nomer kontaknya.
    Dalam satu minggu kedepan semua permintaan Ibu akan saya penuhi. Saya akan mencoba menanyakan langsung ke pihak Organizer yang waktu itu mengundang dia.

    Maaf dan Terima kasih

    Redaksi.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: