Oleh: fatkhurrohim | Oktober 11, 2008

Indo Automotive 2008 Pelengkap Event Otomotif di Indonesia

Ketika banyak para Exhibition Organizer (EO) menggelar event kilaunya industri otomotif dari berbagai pabrikan besar, namun sejauh event otomotif digelar baru kali ini ada pameran yang menampilkan produk pendukung otomotif. Event yang dihelat oleh Wahana Kemalaniaga Makmur (Wakeni), dengan tajuk Indo Automotif 2008, di Jakarta International Expo, pada tanggal 7 – 10 Agustus 2008, benar-benar menjadi pelengkap event-event otomotif sebelumnya di Indonesia.

Dengan pertumbuhan tingkat GDP di 10 tahun terakhir, menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi di Asia, khususnya sektor otomotif. Sebagai suatu industri yang besar, industri otomotif kemudian menggerakan industri-industri terkait seperti industri komponen dan aksesoris.

Rini Sumardi, selaku Direktur PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Indo Automotif 2008, diikuti oleh 138 peserta dari 11 negara seperti China, Taiwan, Thailand, Taiwan, Malaysia, India, Korea, Jerman, Hongkong, dan Indonesia. Pada event ini, kata Rini, dihadirkan beragam inovasi produk dan teknologi terkini dalam hal suku cadang, komponen, dan asesories, perawatan kendaraan, serta perangkat pendukung lainnya di bidang otomotif.

Rini, kembali menambahkan, bahwa pertumbuhan industri otomotif akan mengalami perkembangan pesat di tahun 2008. Hal ini diindikasikan, dengan membanjirnya permintaan terhadap pangsa pasar purna jual seperti suku cadang, aksesoris, tuning dan upgrading, serta produk-produk perawatan kendaraan yang kian meningkat.

Pameran yang diyakini sebagai ajang yang tepat bagi pelaku industri motif Indonesia, dalam mencari peluang, mitra bisnis dan pengembangan bisnis komponen otomotif dirasa sangat tepat diadakan di Indonesia. Dan, event kali pertamanya di bidang komponen otomotif ini, justru akan memberikan peluang bagi perusahaan luar negeri untuk menjaring mitra mitra bisnis bagi pengembangan usahanya di Indonesia.

Menempati area pameran seluas 3.648 m2, Indo Automotive 2008, membagi exhibitor peserta kedalam empat zona, yaitu suku cadang, komponen, dan esesoris, perbaikan dan perawatan, dan perangkat service stasion. Produk-produk utama yang dipamerkan antara lain ban, pelek, produk-produk perawatan mobil, paint dan coating, interior mobil, system audio video, system keamanan, system sensor dan elektrik, produk-produk bahan bakar alternatif, hingga pelumas produk dan jasa lainnya.

Selain berpameran, event Indo Automotive 2008 yang didukung oleh Gabungan Industri Asosiai Mobil Motor (GIAMM) dan Serikat Otomotif Indonesia (SOI) pun, menghadirkan seminar menarik dengan tema seputar industri suku cadang, dengan mengambil tajuk “klinik otomotif”.

Selama event Indo Automotive 2008 digelar, klinik otomoitf ini dikemas dalam bentuk seminar. Dalam seminar yang menampilkan para pembicara dari berbagai produsen otomotif ternama seperti Toyota Astra Motor, dan Mitsubishi Krama Yudha ini, membahas seputar produktivitas dan kualitas, sertivikasi dan logistik, serta uji emisi dan perawatan mesin. (Fatkhurrohim)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: