Oleh: fatkhurrohim | Oktober 11, 2008

Indo-Japan Expo 2008

Berdiplomasilah Di Pameran

Hubungan bilateral yang terjalin selama 50 tahun antara pemerintah Jepang dan pemerintah Indonesia, membawa dampak positif terhadap meningkat ke hubungan perekonomian kedua belah pihak. Jepang yang dalam beberapa hal pernah mengaku sebagai saudara tertua ini, secara tidak langsung memberikan warna dalam perekonomian Indonesia. Bisa dilihat, bagaimana kiprah produk-produk otomotif dan elektronik negara Sakura itu melakukan penetrasi pasar Indonesia. Boleh dikatakan, hampir lebih dari 60 persen pangsa pasar sektor otomotif dan elektronik Indonesia dikuasi oleh Jepang.

Saat peluncuran event Indonesia-Japan Expo 2008 di hotel Niko beberapa bulan lalu, Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, mengungkapkan pada periode Januari-September 2007, ekspor nonmigas Indonesia ke Jepang tumbuh 20,10 persen. Lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekspor nonmigas 2002-2006 yang mencapai 17,55 persen. Jepang, AS, dan Eropa adalah tiga pasar tujuan ekspor terbesar Indonesia. Jepang menyerap 14,6 persen dari total ekspor, Uni Eropa 14,4 persen, dan AS 12,3 persen.

Terkait dengan adanya peningkatan hubungan keejasama dibidang perekonomian yang signifikan, Kompas dan Nihon Keizai Shimbun (Nikkei) Jepang akan menggelar event Indonesia-Japan Expo 2008 pada tanggal 1-9 November 2008 mendatang di Jakarta Internationa Expo (JIExpo), di Hal A dan B.

Ernst Karrel Remboen, Direktur Utama Kerabat Dyan Utama (Radyatama), selaku penyelenggara event Indonesia-Japan Expo 2008, mengatakan, event ini merupakan hasil wujud dari kerjasama hubungan dilpomasi yang telah terjalin selama 50 tahun antara pemerintahan Indonesia dan Jepang. Dalam event ini, akan di display beberapa produk otomotif, elektronik, energi dan mineral dari kedua negara.

Dijelaskan pula oleh Ernst, bahwa beberapa produk elektronik dan otomotif pabrikan Jepang yang telah masuk di pasaran Indonesia akan unjuk gigi di event ini. “Untuk elektronik, beberapa pabrikan yang telah terdaftar akan turut serta adalah Toshiba, dan Panasonic. Begitupun halnya, dengan produk otomotif ternama lainnya,” ungkap Ernst.

Transformasi Ilmu

Pada event ini, menurut Ernst, Jepang ingin meyakinkan kepada pangsa pasar Indonesia, bahwa produk buatan Jepang secara kualitas telah diakui oleh pangsa pasar Eropa dan Amerika. Meski perlu diakui, produk Jepang lebih mahal, dibanding produk dari kompatriotnya yang masuk ke pasaran Indonesia. “Banyak beredar bebas di pasaran Indonesia beberapa produk elektronik dan otomotif, yang secara kualitas masih dipertanyakan. Berbeda dengan Jepang, yang secara kualitas telah diakui oleh pasar Indonesia,” urai Ernst.

Pada event yang diprakarsai oleh Kompas dan Nihon Keizai Shimbun (Nikkei) ini, Jepang akan mengeducated produk otomotif yang ramah lingkungan. Diyakini oleh Ersnt, beberapa produk otomotif seperti mobil hybrid akan mewarnai event besar ini.

Selain itu, Jepang pun ingin melihat beberapa potensi sumber daya alam dan migas yang ada di Indonesia guna memenuhi pasokan energi di negaranya. Dalam hal ini, Indonesia akan menampilkan beberapa produk energi seperti batubara, dan air mineral. Lebih lanjut, Ernst menambahkan, Indonesia-Japan Expo 2008, selain menarget sejumlah transaksi, event ini pun secara krusial akan menargetkan hal lain, yaitu terjadinya transformasi ilmu dari rakyat Jepang untuk Indonesia, maupun sebaliknya.

Transfer knowledge ini, diharapkan mampu diserap oleh para pelaku industri di tanah air. Mengingat, pada event ini Jepang akan menyuguhkan beberapa produk berteknologi tinggi. Hal lain yang tidak kalah menarik, pemerintah Jepang dan Indonesia akan bernostalgia ke masa lalu, dengan cara menampilkan beberapa produk seni dan budaya, yang akan dikemas dalam bentuk entertainment. (Fatkhurrohim dari berbagai sumber)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: