Oleh: fatkhurrohim | Oktober 11, 2008

Indodefence 2008

Darat dan Udara Saling Bertemu Di Halim

Ini lah pertunjukan dan pagelaran event paling besar dan unik di jagad Exhibition tanah air Indonesia. PT. Napindo Media Ashatama, akan menggelar event dengan tajuk Indodefence dan Indo Aerospace Expo and Forum. Kedua event ini, merupakan event kali pertamanya bagi Napindo, sebab diselenggarakan secara bersamaan dan ditempat yang sama pula. Dan kali pertamanya pula, Event ini digelar oleh Napindo di Landasan Udara Internasional Halim Perdana Kusuma.

Event yang akan digelar pada tanggal 19 – 22 November 2008 ini, diyakini akan membuat takjub para visitor dari dalam dan luar negeri. Pasalnya, Napindo akan mengkolaborasikan event pertahanan baik di darat maupun di udara di areal yang terbuka. Sebelumnya, atau dua tahun yang lalu, Napindo menggelar event alat pertahanan darat atau mahfum disebut oleh Napindo dengan nama Indodefence di ruang tertutup.

Sedangkan Indo Aerospace, merupakan event kedirgantaraan pertama bagi Napindo, dan mungkin yang pertama pula di Indonesia, yang digelar secara spektakuler dan diperkirakan juga akan terjadi sejumlah transaksi. Pasalnya pada event Indo Aero Space ini, tidak hanya menampilkan produk pertahanan udara saja. Akan tetapi, akan menampilkan juga sejumlah pesawat komersil seperti Boeing, yang biasa dipergunakan oleh industri airline dunia.

Pameran yang selalu diselenggarakan dua tahun sekali ini, dilaksanakan oleh Departemen Pertahanan, didukung oleh TNI AU, Departemen Perdagangan, Departemen Industri, dan Asperapi. Event langka ini, sangat memiliki arti penting bagi Negara Indonesia. Mengingat peralatan pertahanan Indonesia belum begitu canggih seperti negara-negara dari benua biru, yang selalu aktif sebagai exhibitor dalam event ini.

Event ini akan mengusung segudang peralatan teknologi canggih dibidang pertahanan darat dan udara. Dan, akan menghadirkan beberapa negara produsen senjata dan pesawat, seperti dari benua Eropa, Amerika dan Asia dipastikan akan hadir dalam event paling unik di Indonesia ini. Diperkirakan 500 exhibitor dari 48 Negara produsen alat pertahanan dan dirgantara seperti Rusia, Amerika, Belanda, Jerman, Swiss, Amerika, Inggris, Perancis, Korea Selatan, China, Brazil, Canada, India, Iran, Turki, Republik Ceko, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan lainnya, akan saling pamer teknologi di sini.

Tidak Hanya Untuk Militer

Rakyat Indonesia sebagai tuan rumah, baik sipil dan militer, mesti pandai-pandai menyerap perkembangan terkini mengenai ilmu dari dua disiplin yang berbeda ini. Pasalnya, Event ini sangat penting bagi Indonesia untuk memperoleh informasi peralatan dan perlengkapan militer yang sesuai dengan alusista (alat utama sistem senjata) Indonesia. Bahkan sangat memungkinkan, akan adanya transfer knowledge antar exhibitor dan pelaku bisnis, dari berbagai negara di event ini.

Diyakini pula, event ini akan tampil lebih ‘garang’ lagi, dibanding tahun 2006 lalu. Pasalnya, akan event ini akan menghadirkan pesawat dan kendaraan tempur (bukan replika) seperti Aircraft (single & double) dari Diamond, Helicopter dari LG Aviation, panser buatan Pindad, IT Moduls dari Cisco, pesawat tempur Sukhoi 30MK, Pesawat Maritim Patrol CN 235-200 PMA dan dua pesawat pabrikan dirgantara dalam negeri, Light Speed Boat dan Patrol Boat dari Vista Bahari, serta perlengkapan tempur lainnya.

Pameran yang akan dibuka untuk umum dan berlangsung selama empat hari ini, akan mengundang 20.000 delegasi dan pengunjung baik militer maupun sipil dari berbagai negara di Asia dan Indonesia seperti; TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kepolisian RI, Pemerintahan, Departemen, Jasa Keamanan, Profesional, akademisi militer, Bandara, dan penerbangan sipil. (Fatkhurrohim dan berbagai sumber)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: