Oleh: fatkhurrohim | Oktober 11, 2008

ITTF Target Pamungkas Kunjungan Program Visit Indonesia Year 2008

Pameran pariwisata dengan tajuk Indonesia Tourism Travel Fair (ITTF) yang berlangsung pada tanggal 11-14 September 2008 di Jakarta Convention Centre baru saja berlangsung. Event yang diklaim sebagai hari sibuknya industri pariwisata Indonesia, mendapat sambutan yang antusias oleh para pelakunya.

Hal ini dibuktikan selama lima hari penyelenggaraan event, panitia pelaksana telah membukukan beberapa transaksi seperti ritel dan corporate, spot and sales corporate dengan para pembeli domestik, serta trade commitment dengan para buyer luar negeri. Ir. Effi Setiabudi selaku panitia pelaksana ITTF 2008 mengatakan, jumlah total transaksi langsung, ITTF 2008 mencapai 160 miliar rupiah.

Ini belum termasuk jumlah total transaksi dalam bentuk lain yaitu bentuk komitmen yang mencapai 1.400 US Dolar. Yang lebih hebat lagi, ternyata ITTF 2008 ini, dapat mendatangkan sebanyak 62 buyer dari 3 benua, yaitu Asia Eropa dan Australia. “Besarnya nilai transaksi serta komitmen para peserta pameran dari seluruh Indonesia, merupakan bentuk kontribusi nyata terhadap upaya mensukseskan program Visit Indonesia Year 2008,”ungkap Effi.

Ben Sukma, selaku ketua penyelenggara ITTF 2008 mengatakan, target awal event digelar adalah sebesar 10 juta US Dolar dengan jumlah pengunjung sebanyak 40.000 orang. Meningkatnya jumlah pengunjung ini, telah disadari sebelumnya. Mengingat event ini berbarengan dengan event Asian Federation Exhibit and Convention (AFECA), yang dihadiri oleh beberapa negara anggota nya seperti Singapura, Macao, Bahrain, China, Brunei, Malaysia, Philipina, Taiwan, Vietnam, Hongkong, dan Indonesia.

Sementara itu, saat jumpa pers Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Menteri Budaya dan Pariwisata Jero Wacik, event ITTF 2008 yang baru pertama kali dilaksanakan ini, akan menjadi semacam senjata pamungkas untuk mengejar target Visit Indonesia 2008 sebanyak 7 juta wisman.

“Ibarat permainan bola voli, ITTF ini adalah pukulan smes terakhir bagi pemerintah, dalam meraih target jumlah wisatawan mancanegara pada akhir tahun 2008. Sampai bulan Juli ini, jumlah wisman yang berkunjung sudah mencapai 3,47 juta orang, naik 11,43 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2007,” ungkap menbudpar.

Ketua Umum Indonesian Congress and Conventioon Association (INCA), yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden AFECA, Iqbal Allan Abdullah, mengatakan, untuk acara kongres AFECA yang selama sehari, dapat dipastikan akan menghadirkan sejumlah pengunjung 300 sampai 400 dari negara-negara perwakilan negara-negara anggota AFECA. Para peserta AFECA ini, menurut Iqbal, tidak hanya berpotensi menaikan jumlah pengunjung di event ITTF. Akan tetapi, para peserta dari berbagai negara ini pun berpotensi untuk menjadi buyer.

Pasar Wisata Indonesia Masih Sangat Luas

Event yang didukung oleh para pelaku utama industri pariwisata seperti Association of Indonesian Tour and Travel Agency (ASITA), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan INCCA ini, mencanangkan konsep sebuah pameran consumer show baik Bussines to Bussines (B2B) maupun Bussines to Consumers (B2C). Yang artinya, setiap pelaku industri diperkenankan untuk bertransaksi dengan dua model tersebut.

Menurut Iqbal, peluang transaksi bisnis sangat terbuka lebar, mengingat pembeli dan penjual akan bertemu langsung dalam satu tempat. Dan ini, menurut Iqbal, berpotensi positif, tidak hanya terhadap pendapatan negara tetapi juga, mengenalkan berbagai produk wisata dalam negeri ke mancanegara.

Kembali ditambahkan oleh Iqbal, bahwasannya ITTF 2008 ini, dapat menjadi sarana penyegaran pasar wisata dalam negeri. Sehingga tujuan Indonesia untuk mempunyai travel and tourism mart yang memberikan citra positif, di mata dunia dapat teralisasi.

Sedangkan Yanti Sukamdani, selaku Ketua Umum PHRI, diharapkan setelah digelarnya ITTF 2008 ini, tidak hanya memberikan keuntungan bagi sektor pariwisata, akan tetapi dapat pula memberikan gairah bisnis terhadap sektor pendukungnya. Diantaranya hotel dan Restoran. Industri perhotelan, kata Yanti, akan merasakan imbas yang positif dengan adanya ITTF 2008. Apalagi, bila target 7 juta kunjungan wisatawan mancanegara menjadi kenyataan hingga ahir tahun ini. (Fatkhurrohim)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: